Monday, September 28, 2015

Wisata Kalibiru

Assalamu'alaykum

Wisata Kaliburu Jogya adalah tujuan kami yang pertama dari jalan-jalan liburan Idul Adha 1436 H di Jogyakarta. Kami menjadikan ini sebagai salah satu tujuan utama, melihat banyaknya foto2 bersebaran dimedsos tentang Kalibiru terutama foto-foto diatas rumah kayunya. Berangkat dari hotel menjelang pukul 10  ternyata waktu ini kurang pas untuk berangkat kesana. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam an, lokasi wisata ini terletak di Kabupaten Kulon Progo DIY. Untuk mencapai Kalibiru kami melewati Waduk Sremo, sayang saat itu saya tidak mengambil foto disana. Dari Waduk Sremo treknya akan naik cukup tajam menuju kesana, tetapi dibeberapa spot ada petugas yang menjaga dan akan mengarahkan.

Kalibiru terletak di Pegunungan Menoreh pada ketinggian 450 mdpl. Saat tiba disana waktu sudah menunjukkan pukul 11, kenapa kami bilang tidak tepat berangkat menjelang siang karena saat itu cuacanya cukup terik sekali ditambah kadang-kadang ada debu yang beterbangan dengan kencangnya tertiup angin. Kalau membawa anak kecil, pastikan pengawasan dengan ketat jangan dibiarkan lepas sendiri karena kondisinya yg naik keatas dan kanan kiri yang berupa tebing.



Karena saat itu sudah ramai dengan pengunjung jadi mobil hanya bisa parkir dibawah, dan perlu jalan lumayan untuk naik keatas. Kalau misalnya tidak ingin ngos2an karena jalannya yg naik, dibawah cukup banyak ojek yg tersedia untuk mengantar keatas dengan tarif 5000 sekali jalan. Dan kamipun memilih naik ojek karena memang cuacanya yg tidak mendukung saya untuk jalan naik. Tiket masuk ke kawasan wisatanya adalah Rp. 10.000,-

Waduk Sermo dari atas bukit


Yang ditawarkan dari wisata alam ini adalah pengunjung dapat melihat pemandangan pebukitan di bukit Menoreh dengan view Waduk Sermo dari kejauhan. Yang tentu paling dicari adalah foto diatas rumah pohonnya yang sangat ngehits dan kekinian itu, Sayang karena panjangnya antrian kami membatalkan untuk naik dan berpose diatas rumah pohon tsb. Sayang sekali memang karena tujuan utama kesana karena tertarik karena hal tsb dengan pemandangan Waduk Sermonya yg indah.
Mudah-mudah kalau ada kesempatan kembali lagi kesini kami bs berpose disana

Indahnya Waduk Sermo dilihat dari pos pandang

Bapak dan Adek memandang view Waduk Sermo


Mama, Nadhif dan Naafi







No comments: