Tuesday, September 22, 2015

Mangut Iwak Pe (Ikan Pari Asap)

Assalamu'alaykum

Mangut adalah masakan tradisional khas Jawa Tengah. Yaitu olahan ikan yg diberi kuah santan dengan rasa yg pedas. Ikan yg dipakai biasanya adalah iwak pe (ikan pari asap), ikan lele atau ikan pindang tongkol. Karena ini makanan kesukaan suami saya jadi semua ikan tersebut sudah pernah saya coba olah jadi mangut. Karena beberapa hari yg lalu saya menemukan ikan pari asap lagi di pasar modern setelah beberapa lama saya tidak menjumpainya, akhirnya 10 tusuk  ikan pari asap tsb saya borong saja untuk saya jadikan mangut. 


Bahan-bahan :
  • Ikan pari asap (iwak pe) 10 tusuk
  • Tempe 
  • Tomat ijo 2 bj potong2
  • Kemangi
  • Air 2 gelas
  • Santan (sy pake instan)
  • Sereh
  • Daun jeruk
  • Garam,merica dan gula
Bumbu Halus :
  • Bawang merah 7 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Lombok merah 3 bj
  • Cabe rawit merah 3 bj (kepedasannya sesuai selera saja)
  • Kunyit 1 ruas
Cara Membuat :
  • Goreng tempe. Sisihkan
  • Haluskan bahan2 bumbu halus
  • Tumis bumbu halus beserta sereh yg digprek dan daun jeruk hingga wangi
  • Masukkan air, tunggu hingga agak mendidih
  • Masukkan ikan pari asapnya. 
  • Masukkan tempe gorengnya
  • Masukkan santan ketika air sudah mendidih. Aduk perlahan lahan hingga tercampur rata.
  • Masukkan garam, merica dan gula. Koreksi rasa
  • Masukkan tomat ijo dan daun kemangi. Matikan api.
  • Sajikan




No comments: