Friday, September 4, 2015

Soto Ayam

Assalamu'alaykum

Beberapa hari yg lalu Qadarullah badan saya terasa tidak sehat, tiap bangun tidur sdh terserang migren. Tetapi walaupun sakit kadang tidak boleh dirasakan karena ada bocil Naafi yg harus diurus diantara jam kakak nya sekolah dan bapaknya kerja. Kalau sudah gak enak badan biasanya makan juga tidak terlalu selera dan cendrung jadi pemilih. Inginnya yg segar2 panas berkuah. Karena masih punya stok ayam di frrezer memutuskan untuk memasak soto ayam saja tetapi memakai bumbu jadi. 

Soto ayam favorit saya tidak lengkap kalau tidak memakai koya, boleh tidak ada sambal tp yang itu harus ada. Untungnya masih punya stok kerupuk udang Sidoarjo yg masih mentah. Tetapi kalau mentah dgn kondisi yg seperti tadi tentunya saya juga akan malas untuk menggoreng. Tiba2 saya teringat kalau kerupuk dalam keadaan kepepet bisa dimasak dgn menggunakan microwave. Akhirnya saya coba dulu 30 detik sambil terus memandang kaca microwave, pelan pelan mengembang hingga bunyi kretek kretek. Selesai 30 detik saya buka pintu microwave ternyata belum teralu garing masih agak melempem. Saya masukkan lagi kedalam setel 30 detik lagi, selesai saya cek ternayata sdh kriuk kriuk walaupun tdk terlalu mengembang sempurna. Sudah lumayan sekali menurut saya. Setelah itu saya blender saja hingga halus.

Koya

Nah soto ayamnya sendiri walaupun memakai bumbu jadi tetap saya tambahkan daun jeruk dan sereh ketika menumis bumbunya, biar wanginya semakin bertambah. Setelah harum saya masukkan potongan2 ayamnya lalu tambahkan air hingga agak terendam. Tunggu sebentar hingga agak mendidih, matikan api dan kemudian saya pindahkan ke slow cooker. Tidak butuh waktu lama sekitar 1 1/2 - 2 jam sdh jadi. Bumbu sdh meresap dan ayamnya juga sdh lunak. Angkat ayam lalu disuwir suwir kasar dan saya pisahkan dari kuahnya.






No comments: