Thursday, October 1, 2015

Sunset di Candi Ratu Boko

Assalamu'alaykum

Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa : Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km disebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan 18 km sebelah timur kota Yogyakarta atau 50 km barat daya kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Baka terletak disebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks sekitar 25 ha.



Pemerintah pusat sekarang memasukkan kompleks Situs Ratu Boko kedalam otoritas khusus, bersama-sama dengan pengelolaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan kedalam satu BUMN yang bernama PT. Taman Wisata Candi, setelah kedua candi terakhir ini dimasukkan kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Sebagai konsekuensinya Situs Ratu Boko ditata ulang pada beberapa tempat untuk dapat dijadikan tempat pendidikan dan kegiatan budaya.

Terdapat bangunan tambahan dimuka gapura yaitu restoran dan ruang terbuka (Plaza Andrawina) yang dapat dipakai untuk kegiatan pertemuan dengan kapasitas sekitar 500 orang, dengan vista kearah uara (kecamatan Prambanan dan Gunung Merapi). Selain itu, pengelola menyediakan tempat perkemahan dan trekking paket edukatif arkeologi serta pemandu wisata. (Sumber Wikipedia)



Candi Ratu Boko ini adalah tujuan kami yg ketiga di hari Jum'at tsb dalam perjalanan liburan kami ke Jogya. Sebetulnya tidak ada rencana kesini, malah kami ke Candi Prambanan dulu, parkir beberapa saat tidak langsung turun karena menunggu matahari agak reda disore hari. Ketika kami mau membeli tiket masuk, sebelumnya kami membaca dulu penjelasan tentang candi Prambanan, nah selain itu ada juga penjelasan tentang Candi Ratu Boko terutama yg ditawarkan adalah wisata sunsetnya. Akhirnya setelah rembukan kami memilih pindah lokasi ke Ratu Boko karena waktu itu sdh menunjukkan pukul 16.30, waktu yg pas utk bersiap2 melihat sunset selain itu juga karena lokasinya yg tidak terlalu jauh sekitar 3 km dari Candi Prambanan. Sampai disana sekitar pukul 17 an sdh mulai ramai pengunjung, harga tiket masuknya adalah Rp. 25.000. Setelah naik keatas terpampang keindahan kota Jogya dan sekitarnya beserta sawah-sawah yg terbentang diwaktu sore, dari kejauhan tampak dengan gagahnya gunung Merapi dan juga candi Prambanan. Taman candi Ratu Boko ini juga indah dan terawat sekali.


Pemandangan sawah dari atas kompleks candi

Merapi dikala sore hari


Setelah melewati taman kami naik keatas candi untuk bersiap siap menyambut sunset. Cuaca yang cerah membuat sunset di Ratu Boko kelihatan indah sekali.

Taman

Sunset di Candi Ratu Boko

Kala matahari terbenam

Merapi dikala senja





No comments: