Wednesday, August 26, 2015

Wisata Gunung Kelud

Assalamu'alaykum

Alhamdulillah Idul Fitri 1436 H kemarin kami masih diberi kesempatan untuk bersilahturahmi mudik ke rumah orangtua kami di Sidoarjo dan Malang.Lebaran hari pertama kami sholat Ied ditempat orangtua saya tinggal yaitu di Sidoarjo. Setelah itu baru kami melanjutkan silahturahmi ke tempat Ibuk mertua di Malang Selatan.

Gak afdol rasanya kalau mudik tidak sekalian jalan2. Ada dua tempat berkesan yg kami kunjungi ketika libur Lebaran sekaligus libur sekolah ini. Ceritanya dipisah saja biar yg baca juga gak bosan.

Tempat pertama yg kami kunjungi adalah wisata Gunung Kelud setelah erupsi tahun 2014 di Kediri. Gunung Kelud ini berada diperbatasan wilayah Kediri Blitar Malang tepatnya di kecamatan Ngancar kabupaten Kediri. Karena kami dari Malang Selatan maka lebih dekat masuk melalui wilayah kabupaten Blitar kira2 butuh waktu 1.5-2 jam lah. Jalannya cukup bagus kesana dgn penunjuk jalan yg memadai. Gunung Kelud mempunyai ketinggian 1731 mdl, tidak terlalu tinggi tetapi merupakan salah satu gunung berapi yg msh aktif.

Karena jalannya cukup bagus mulus dan lebar, tidak terlalu berkelok kelok yg tajam seperti kebanyakan kalau kita naik kedaerah pegunungan jd perjalanan masih bisa saya nikmati, karena saya termasuk yg sensi gampang mual dan pusing kalau lewat jalan yg berkelok kelok. Harga tiket masuknya adalah 10 ribu, setelah itu kita akan melewati dan menikmati perkebunan nanas. Sebelum tiba ditempat parkirannya kita akan melewati sebuah ruas jalan yg ditandai yg dikenal dengan nama Jalan Misterius. Jalan ini kelihatan 'menanjak' tp kalau kendaraan diberhentikan pada posisi gigi netral di marka jalan putih yg ditandai, maka kendaraan akan berjalan 'turun sendiri'. 



Setelah kita berhenti ditempat parkir yg sdh disediakan dari situ jalan beberapa meter kita sdh dapat menikmati keindahan dari Gunung Kelud, terlihat jelas juga jalur2 lava yg dilalui waktu erupsi tahun lalu.



Kelud Mountain

Kalau kita ingin naik kepuncak bisa ada 2 pilihan, jalan kaki ataupun naik ojek yg sdh siap berjajar dipinggir jalan untuk mengantar keatas, tarifnya sekitar 20 ribu untuk naik turunnya. 


Untuk naik keatas kira2 sekitar 2 km an. Kami waktu itu memilih untuk jalan kaki saja sambil menikmati pemandangan kiri kanan Gunung Kelud sambil mengabadikannya...



yg walaupun terlihat gersang, pohon2 meranggas tp eksotis sekali. Untuk yg jarang olahraga kayak saya ternyata melelahkan juga ketika saya jalan menanjak keatas :)) 

Untitled

A year after eruption  #Mt. Kelud


No comments: