Thursday, August 27, 2015

Asinan Betawi

Assalamu'alaykum...

Setelah 4 tahun tinggal di TangSel, baru beberapa bulan saya merasakan asinan Betawi #hallooo kemana saja saya selama ini :)). Beberapa kali merasakan asinan Bogor tapi belum pernah merasakan makanan khas Betawi yg satu ini. Itu juga karena saudara saya yg pernah tinggal di Jakarta lalu pindah ke Surabaya, berkunjung kembali ke Jakarta utk mengujungi keponakan yg akan menikah kangen akan makanan ini. Yg dibeli ya dari abang2 asinan Betawi yg keliling dikompleks perumahan...kemudian saya diminta ikut nyipi dan ternyata rasanya sueger kecut asin manis pokoknya nano2 deh. Setelah itu jadi suka dan akhirnya beberapa kali buat sendiri. 

Beberapa kali saya memakai resep dari Femina dan saya merasa cocok 

Vegetables Pickle #1/4#

Asinan Betawi

Bahan Kuah
  • 200 ml air matang
  • 6 buah cabai merah haluskan
  • 100 gr gula pasir
  • 2 sdt garam
Bahan 
  • 400 gr daun selada kampung sobek kasar
  • 400 gr kol iris halus
  • 400 gr wortel serut kasar
  • 200 gr tauge  siangi
  • karena saya suka nanas kadang saya pake
  • 2 sdm cuka
Kinca, masak hingga kental, saring
  • 300 ml air
  • 150 gr gula merah iris tipis
Pelengkap
  • Krupuk Mie Kuning
  • Kacang tanah goreng
Cara Membuat :
  1. Kuah : Masak semua bahan kuah hingga agak kental. Bila sudah tidak panas campur dengan cuka. Sisihkan.
  2. Sayuran : susun potongan selada dipiring. Sisihkan
  3. Rendam kol, wortel dan tauge dalam kuah hingga menyerap
  4. Susun sayuran diatas selada. Siram dengan kuah dan kinca. 
  5. Hancurkan krupuk mie diatasnya, taburi kacang. Sajikan segera

Vegetables Pickle #2/4#

Weekend kemarin jalan2 ke Pasar Modern di BSD, tujuannya salah satunya kepingin beli asinan Betawi berhub lagi malas buat sendiri. Dengan harga yg cukup lumayan untuk yg isinya hanya sayuran saja, kuahnya masih enakan yg diatas menurut saya, tapi lumayanlah bisa buat obyek foto :))

Untitled



No comments: